ENSA for SMA 1 Bukittinggi,West Sumatera Barat Indonesia


Salah satu pembelajaran dengan interaksi global telah membuat sejarah baru buat IASMA 1 Bukittinggi tahun 2024 dengan mendayagunakan siswa SMA 1 yang mampu berinteraksi dengan sekolah luar negeri.

Salah satunya lewat kelas belajar dengan melaksanakan komunikasi-komunikasi global antar siswa telah menarik perhatian lembaga ENSA Jerman terhadap SMA 1 Bukittinggi dan mengajak untuk berkunjung ke Pemerintahan Jerman lewat ENSA.

ENSA adalah program pertukaran sekolah yang dirancang untuk pemuda yang ingin memperluas pemahaman mereka tentang kebijakan pembangunan. ENSA menawarkan program pendidikan dan menyediakan dana untuk kemitraan sekolah.

Programnya mempromosikan kemitraan antara sekolah-sekolah dari Jerman dan negara-negara di Afrika, Asia, Amerika Latin dan Eropa Tenggara.

Lembaga ini memberikan dukungan untuk kemitraan sekolah terkait pembuatan konten serta dukungan finansial agar siswa dari Jerman dan negara-negara Selatan dapat belajar satu sama lain, menerima perspektif baru, mempelajari cara kerja hubungan global, dan berkomitmen untuk menjadi kekuatan positif untuk perubahan berkelanjutan.

Disamping itu  juga menawarkan pelatihan dan acara networking bagi para guru dan staf organisasi non-pemerintah (LSM) untuk memastikan bahwa kemitraan sekolah dan isu-isu Pembelajaran Global tertanam kuat di sekolah dan kelas dalam jangka panjang.

ENSA adalah bagian dari Engagement Global gGmbH dan bekerja atas nama Kementerian Federal untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ).

 "Program Pembangunan Pemuda untuk Pembelajaran dalam Solidaritas".

Kementerian Federal melakukan  Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) kemudian menugaskan Lokakarya Pembelajaran Kebijakan Pembangunan ASA ( bagian dari InWEnt gGmbH ) untuk mengembangkan konsep program pertukaran sekolah.

Dengan ditawarkannya SMA 1 Bukittinggi telah mengukir kembali sejarah baru sekolah dan almamater sehingga akan makin membanggakan sekolah dan IASMA 1 Bukittinggi serta Pemerintah Daerah.

Semoga program ini bisa terlaksana dengan telah dibuatnya agenda dari lembaga ENSA Jerman kepada SMA 1 Bukittinggi dan berharap akan menjadi perhatian serta dukungan dari IASMA 1 Bukittinggi 
Semoga