Crack The Gap Build up Solidity - Outbond Fun Games SMAN 1 Bukittinggi 2022


Outbound adalah kegiatan di alam terbuka. Outbound  juga dapat memacu semangat belajar dan motivasi pengembangan diri. Outbound merupakan sarana penambah wawasan pengetahuan  yang didapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat dan kreativitas seseorang. Oleh karena itu, SMAN 1 Bukittinggi menyatakan bahwa outbound adalah usaha olah diri (olah pikir dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja dan prestasi dalam rangka melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi secara lebih baik lagi.

       Kegiatan outbound berawal dari sebuah pengalaman sederhana seperti bermain. Bermain juga membuat setiap orang merasa senang, dan bahagia. Dengan bermain orang dapat belajar menggali dan mengembangkan potensi, dan rasa ingin tahu serta meningkatkan rasa percaya dirinya. Oleh karena itu, bermain merupakan fitrah yang dialami setiap manusia.

       Pengalaman merupakan guru dalam proses pembelajaran secara alami. Misalnya, seorang mengalami proses alami bermain. Hal itu  dalam rangka menambah dan mengembangkan pengetahuan dari setiap pengalamannya. Jadi, tidak menutup kemungkinan siapapun berhak bermain baik anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun orang tua. Karena belajar dari sebuah pengalaman dalam aktivitas bermain dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan yang dapat dilakukan di ruangan terbuka atau tertutup.

Kegiatan belajar di alam terbuka seperti outbound bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.

Tujuan diadakannya Kegiatan Outbound Bagi GTK ini adalah :

  1. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri TK
  2. Berekspresi sesuai dengan caranya sendiri yang masih dapat diterima lingkungan.
  3. Mengetahui dan memahami perasaan, pendapat orang lain dan menghargai perbedaan.
  4. Membangkitkan semangat dan motivasi untuk terus terlibat dalam kegiatan-kegiatan.
  5. Lebih mandiri dan bertindak sesuai dengan keinginan.
  6. Lebih empati dan sensitif dengan perasaan orang lain.
  7. Mampu berkomunikasi dengan baik.
  8. Mengetahui cara belajar yang efektif dan kreatif.
  9. Memberikan pemahaman terhadap sesuatu tentang pentingnya karakter yang baik.
  10. Menanamkan nilai-nilai yang positif sehingga terbentuk karakter GTK sekolah Menengah Atas melalui berbagai contoh nyata dalam pengalaman hidup.
  11. Mengembangkan kualitas hidup guru yang berkarakter.
  12. Menerapkan dan memberi contoh karakter yang baik kepada lingkungan.