PELATIHAN ALQURAN TIKRAR

 

Bersama Master Triner Syamil Quran : ustd Yudi Imana.

            Acara pelatihan alquran tikrar ini diadakan pada hari kamis, 22 November 2018 di aula SMAN 1 Bukittinggi. Acara ini  diangkat oleh alumni SMAN 1 Bukittinggi angkatan 90, yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan dihadiri juga oleh guru dan alumni angkatan 90. Ini merupakan tahun kedua bagi alumni angkatan 90 mengadakannya di almamaternya. Dalam sambutannya ketua alumni angkatan 90 bapak Muhammad Zuhrizul berharap supaya siswa SMA 1 Bukittinggi bisa seimbang dalam kehidupan dunia dan kehidupan Akhirat dimana selain menuntut ilmu pengetahuan dan sains juga mempelajari alquran, dan bisa menjadi teladan di kota Bukittinggi hendaknya.

 

            Pelatihan ini tidak hanya teori tetapi juga praktek menghafal oleh para peserta. Dengan praktek yang diberikan oleh Tim dari Syamil Quran  diharapkan peserta dapat memulai hafalan mereka dan mendekatkan diri dengan Alquran.

Metode tikrar ini bisa menghafal Alquran tanpa perlu menghafalnya. Metode tikrar ini mengedepankan pentingnya pengulangan. Para pembaca Alquran diharuskan untuk mengulang terus bacaan Al Qur’an-nya sampai minimal 40 kali sampai ia hafal betul di luar kepala. Alhamdulillah siswa SMAN 1 Bukittinggi sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut dan langsung mempraktekkannya. selain itu acaranya dikemas semenarik mungkin sehingga siswa bersemangat dan antusias mengikutinya.

Rasulullah bersabda:

“Penghafal Al Qur’an akan datang pada hari kiamat, kemudian Al Qur’an akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), Al Qur’an kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu diapakaikan jubah karamah. Kemudian Al Qur’an memohon lagi: Wahai Tuhanku ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu: bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan” (HR Tirmizi)

Dari Utsman bin Affan , Rasulullah bersabda, “Yang terbaik di antara kamu adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya”. Pernyataan ini menjadi salah satu langkah semangat bagi generasi dan orang tua untuk tetap semangat dalam menghapal dan mengamalkan Al Quran. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

 

Ustad yudi berharap kepada seluruh peserta setelah mengikuti pelatihan Alquran Tikrar supaya bisa langsung action dan hafalannya dipakai didalam shalat. Semoga kita semua termasuk kedalam orang orang yang mendapat safaat dihari kiamat kelak. Aamin Ya Rabbal Aa Lamiin.

 

Copyright 2011 PELATIHAN ALQURAN TIKRAR. All Rights Reserved.
Joomla 1.7 templates